Selasa, 23 Mei 2017

Berapa Lama Seharusnya AC Rumah Anda Harus Dibersihkan

Mengaktifkan AC yang lama tidak digunakan selama musim penghujan. Banyak yang berpendapat, AC yang jarang digunakan biasanya kotor dan harus ganti freon. Hal ini membuat AC tidak terasa dingin. Namun, pendapat tersebut tidak selalu benar. Bisa saja ada hal lain yang membuat AC tidak dingin. Berikut ini adalah Berapa Lama Seharusnya AC Rumah Anda Harus Dibersihkan ??

Sering kali orang berpendapat, AC yang tidak dingin berarti freonnya telah habis. Hal tersebut mengharuskan Anda mengisi freon yang harganya cukup mahal sekali isi. Akan sangat boros akhirnya apabila tiap bulan harus mengisi freon.

Pada dasarnya, tidak ada yang namanya freon habis. Bahkan tidak bisa habis dalam waktu 3 bulan selama tidak terjadi kebocoran instalasi AC. Freon baru bisa berkurang setelah 1 tahun karena menguap, namun tidak banyak dan tidak mempengaruhi pendinginan AC. Jadi, apabila belum-belum teknisi AC Anda menyarankan untuk mengisi freon, sebaiknya pertanyakan kembali alasannya.

Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan pengecekkan AC setiap 6 bulan sekali oleh ahli yang berpengalaman. Lebih baik lagi apabila Anda menggunakan jasa perawatan AC resmi yang disediakan oleh pabrikan AC yang Anda gunakan. Selain memang lebih terpercaya, biasanya teknisi yang datang akan lebih paham tentang  AC merk-merk tersebut.
Baca juga : Berapa PK AC Yang Anda Butuhkan ??

Salah satu kemungkinan terbesar yang menyebabkan freon habis adalah karena selang atau jalur pipa pada freon mengalami kebocoran. Cara untuk mendeteksi kebocoran pada freon cukup mudah. Ambillah air sabun kental kemudian oleskan pada jalur pipa. Meskipun freon Anda sudah habis sekalipun, apabila ada kebocoran, mesin akan berdesis. Ada baiknya Anda mengganti saluran freon tersebut sesegera mungkin.


Pembersihan AC sebaiknya dilakukan 1-3 bulan sekali :
AC yang tidak dingin juga bisa saja karena AC sudah lama tidak diservis. Hal ini biasanya karena saringan filter udara sudah penuh dengan debu. Hal ini mengakibatkan debit volume udara yang mengalur melalui AC untuk proses pendinginan jadi lebih kecil. Untuk itu, bersihkan filter udara pada AC setidaknya 1-3 bulan sekali tergantung pada kondisi udara dalam ruangan. Apabila kondisi udara keruh seperti udara pada dapur, ada baiknya apabila Anda membersihkan AC 1 bulan sekali untuk menghindari kerusakan dini pada AC.

Bagaimana? Apakah Anda sudah menerapkan hal-hal di atas? Untuk menjamin agar kualitas udara dingin yang dihembuskan AC selalu bagus, hal di atas sangatlah penting untuk dilakukan. Namun, perlu juga diingat, penggunaan AC rumah yang terlalu sering juga menghabiskan cukup banyak daya listrik. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan AC rumah sehingga daya listrik yang dihabiskan tidak terlalu besar.

Pertanyaan tentang Berapa Lama Seharusnya AC Rumah Anda Harus Dibersihkan sudah terjawabkan. Tinggal anda sebagai pengguna AC yang menerapkannya. Jika menurut anda informasi ini bermanfaat, Silahkan anda share ke sosial media ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar